Jumat, 05 Juni 2015

Foto

(05/06/2015)
Foto

.

Ketika aku sedang membuang kertas-kertas yang tidak perlu atau merapikannya kembali karena masih dibutuhkan, aku melihat setumpuk foto yang tergeletak begitu saja di dalam laci. Beberapa foto tersebut sudah usang, namun ada juga yang masih terlihat baru. Karena sedang bersih-bersih, sekalian saja kuputuskan untuk menyortir foto-foto itu. Ada foto-foto yang masih ingin kusimpan, ada juga foto-foto yang tidak diperlukan yang harus dienyahkan, seperti:

1)      Fotoku bersama keluargaku saat aku masih berusia tujuh tahun. Di sana aku terlihat seperti anak tengil yang tidak bisa diam, wajah dan tanganku berlumuran lumpur dan tanganku memilin rambut sehingga rambutku berlumpur juga. Sementara itu, wajah saudari kembarku bersih dari apa pun dan dia selalu terlihat lebih cantik dariku. Ibu dan ayah berdiri di antaranya sementara aku agak terbuang, berjarak sekitar tiga sentimeter kalau di foto.
2)     Potret selanjutnya adalah ketika aku sudah memasuki Sekolah Menengah Atas, dengan seragam putih bersih (ya, benar, akhirnya seragamku seputih itu) dan rambut disisir rapi yang sedang memegang piala, aku tersenyum, tapi di sebelahku ada dia yang memegang dua buah piala, dan dia agak kerepotan karena ada satu lagi piagam penghargaan yang harus dipegang di tangan kanannya.
3)     Fotograf selanjutnya ketika aku menghadiri acara pernikahannya. Dia terlihat seperti malaikat (tanpa halo dan sayap) karena begitu suci, putih, murni, dan inosen—tidak seperti aku yang sudah dicap brengsek oleh keluarga. Di foto itu aku mengenakan baju serba hitam seperti orang pergi melayat, dan yang kukenakan adalah kaus berlengan pendek dan celana jengki.
4)     Di foto ini, aku berada di pemakamannya dan ekspresiku paling berbeda di antara yang lain—orangtua menangis, suami dan anaknya terdiam tak bisa berkata-kata, sementara aku tersenyum bahagia di foto itu seraya menyentuh batu nisannya.


Aku menunda untuk membuang foto yang terakhir sebelum akhirnya foto itu aku masukkan lagi ke laci. Foto itu yang paling bagus di antara foto-foto lainnya saat aku bersama dengannya. Aku terlihat lebih bersinar dan lebih dianggap di foto tersebut.

.
(fin)
.

#NulisRandom2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar